Search This Blog

Saturday, March 24, 2012

John Carter: New Epic Begins

Sebuah film kuda hitam untuk masuk jajaran box office 2012, sebuah epic semi futuristic berjudul John Carter. John (Taylor Kitsch) adalah  seorang veteran perang dunia yang lebih memilih hidup sebagai petualang. Sampai pada akhirnya ia tertransplantasi ke planet Mars karena menggenggam sebuah medalion. Ia menemukan keanehan seperti dapat melompat terbang dan bertemu dengan mahluk asing berwarna hiju, bernama Tars Tarkas (Willem Dafoe). Sebaliknya mahluk tersebut menganggap John adalah mahluk asing yang unik, sehingga menawan dalam koloninya. Dalam usaha pelarian, John akhirnya bertemu dengan seorang putri dari Helium bernama Dejah Thoris (Lynn Collins).
Sama halnya dengan John, Dejah juga sedang melarikan diri dari perjodohan dengan Sab Than (Dominic West). Dibalik perjodohan itu Sab Than ingin menguasi Barsoom sebutan untuk planet Mars, karena ia mengetahui bahwa Dejah memiliki mesin tandingan dari senjata pemusnah miliknya yang berada di tangannya. Hal tersebut atas hasutan Matai Shang (Mark Strong). Maka, John akhirnya bersimpati atas perjuangan Dejah dan akhirnya jatuh cinta.

Suatu suguhan layaknya Star Wars. Selain ide cerita tentang mahluk bumi yang kemudian tersesat di planet Mars, selebihnya tidak tidak ada keistimewaan dalam segi cerita, yakni perebutan kekuasaan dan jatuh cinta. Namum John Carter mempunyai beberapa elemen kunci keberhasilan untuk membuat suatu cerita epic. Pertama banyak penokohan yang mudah diingat, selain tokoh utama seperti John, ada putri seksi nan tangguh, Dejah. Kemudian Tars Tarkas dan Sola, ayah dan anak dari mahluk hijau, binatang peliharaan Sola yang lucu dapat berlari sangat cepat, dll. Kemudian penamaan lokasi seperti Zondagas, Helium, sungan Isis yang indah. Tak lupa istilah istilah seperti Barsoom dan Jarsoom, sebutan untuk Bumi dan Mars. Terakhir adalah peralatan dan kostum, battleshipnya sangat keren disaksikan dalam 3D, apalagi ketika peperangan diatas pesawat terjadi. Kostum yang sering dilihat di video games, unik dan berkarakter, apalagi ketika pasukan wanita mengenakannya.  
Diperankan oleh kebanyakan aktor dan aktris baru, sementara aktor kawakan seperti Willem Defoe sembunyi dibalik mahluk hijau. Taylor Kitsch dikenal sebagai cowok pemberontak dalam TV seri Friday Night Live, bercerita tentang football sekolah menengah. Selanjutnya akan tampil dalam Battleship, sebuah film perang diatas laut melawan mahluk asing. Sosok berwibawa dan suara yang dalam cocok memerankan John. Kemudian ada Lynn Collins, laris di film action karena penampilannya yang atletis. Terkahir tampil sebagai love interestnya Hugh jackman dalam X-Men:Origin.
Diakhiri dengan ending terbuka, John yang kembali ke Bumi, berusaha untuk menemui belahan jiwanya di Mars, sangat memungkinkan dibuat sequelnya.

Rated: 8/10

No comments:

Post a Comment